Assalaamu'alaikum :)

wellcome to my ROOM...
and give me your beauuuutifull smiling before u start reading my blog :)


STOP !!!!
I said smile for me!!!! smileeee!!!! yes

u dont need make your eyebrow like a wave or up bye itsself
hmmm.....? ^_^

nah ok... smileeeeeee for me....
say cheeese!

thank you :)

M a L a

M a L a
M a L a

MY PROFILE

Foto Saya
extrovert one,, aku suka musik, aku menyukai hal-hal yang baru, tantangan baru, suka berteman dengan banyak orang,selalu ceria, berbakat :P my favorite quote " smile is the light system of the face and the heat system of the heart" aku terlahir untuk membahagiakan orang tuaku dan orang-orang yang ku cinta dan mencintaiku karena Allah...

Paduan Suara Mahasiswa (PSM UIN Jakarta) in Concert

Paduan Suara Mahasiswa (PSM UIN Jakarta) in Concert
live perform at Erasmus Huis Kedutaan Belanda..... Conductor by: Ka Kromong, PSM UIN JKT I'm in Love..... muaaaacch ^^ FYI : sebelum konser di mulai sebenarnya aku mengalami kecelakaan, motor yang dikendarai bapak ku menyerempet mobil angkot dan tulang kaki kepentok angkot itu n lapisan kulitnya ada yang terkelupas :( sesampainya di UIN dan menjelang keberangkatan, aku menahan sakit,,,, byangkan aku memakai high heels sekitar 9 cm :( sempit pula heels nya... tambah lah penderitaanku menahan rasa sakit di kaki 2 kali lipat... hmmmmm we are artist mameeeen! harus profesionaaaal!!! ya gaaa?....hehehee ^^ tapi keren bgt konser kita kemarinnnn ! yeeeeiyyy! LOVE IT!

Minggu, 27 Maret 2011

sejarah pemikiran ekonomi (Pra-clasic one)

hmm... well guys, if we talk about an history...absolutelly we will talk about past time, people in the past or something that has occurred at a time...and also if we talk about the history of economic thought we will talk about thought of people,condition or something that happened at that time in economic.

Disini akan dijelaskan tentang perekonomian pra-klasik. perekonomian pada pra-klasik ini dibagi menjadi 5 zaman:
1. Zaman Yunani Kuno
2. Zaman Romawi
3. Zaman Kaum Skolastik
4. Masa Merkantilisme, dan
5. Mazhab Fisiokratisme

berikut akan terlebih dahulu dijelaskan Perekonomian Zaman Yunani kuno, postingan yang selanjutnya next time y

hmmm ok guys...
untuk lebih jelasnya let's chekidot..

*sumber: dari berbagai sumber


Pemikiran Ekonomi pra-klasik
1.     Zaman Yunani Kuno
Pada zaman ini, sudah ada teori dan pemikiran tentang uang, bunga, jasa tenaga kerja manusia dari perbudakan dan perdagangan. Bukti tentang itu dapat dilihat dari buku yang ditulis oleh plato dari buku yang ditulisnya “respublika” (427-347) sekitar 400 tahun sebelum masehi, banyak pemikirannya tentang praktek ekonomi banyak dipelajari orang. Sayangnya, walaupun plato sempat membahas tentang masalah-masalah ekonomi,namun tidak dikupas secara khusus ,melainkan sejalan dengan pemikiran nya tentang bentuk suatu masyarakat yang sempurna , yang hanya bersifat sebuah “utopia”
Menurut sejarah bangsa Yunani kuno memiliki peradaban yang tinggi, yaitu melarang keras peminjaman uang dengan bunga.
Tokoh-tokoh zaman Yunani Kuno berikut dengan pemikirannya:
1). Plato
Pemikiran-pemikiran Plato antara lain adalah:
1.       Pemikiran tentang bentuk masyarakat yang sempurna dan  keadilan (justice) dalam sebuah negara idea (idea state) yaitu dalam sebuah Negara idea, kemajuan tergantung pada pembagian kerja (division of labour) yang timbul secara alamiah dalam masyarakat. Orang memiliki sifat dan kecenderungan yang berbeda-beda, dan dengan sendirinya bidang yang akan diminati mereka juga akan berbeda pula.plato menjelaskan bahwa ada 3 jenis pekerjaan yang dilakukan manusia yang berbeda, yaitu pekerjaan pengatur/penguasa, tentara, dan para pekerja.
Pandangan division of labour ini jika diperhatikan mirip dengan teori Adam Smith, namun pada kenyataannya memang berasal dari pandangan Plato. Perbedaanya, kalau teori division of labournya Adam Smith dimaksudkan untuk memacu pertumbuhan out put dan pembangunan ekonomi. Sedangkan oleh Plato dijelaskan untuk pembangunan kualitas kemanusiaan.
Negara ideal menurut Plato:
a.       Dapat melayani kebutuhan dasar manusia
b.      Adanya kebutuhan atas militer
c.       Terlengkapinya kedua hal diatas

2.       Dalam bukunya yang bejudul “Laws”, Plato mengutuk bungan dan memandangnya sebagai praktek yang zalim.
3.       Plato bisa dikatakan sebagai orang pertama yang sangat mengecam kekayaan dan kemewahan. Dan dia berfikir bahwa setiap orang berhak mendapatkan kesejahteraan dan keadilan yang merata. Agar bisa sejahtera secara merata, maka manusia perlu mengendalikan keserakahaannya untuk memenuhi semua keinginan sewajarnya, karena jika tidak bisa dikendalikan, maka sebagian orang (yang cerdik,pintar dan berkuasa) akan hidup bermewah-mewahan, sedang yang lain dalam kesengsaraan dan kehinaan.
4.       Dalam bukunya yang berjudul “Politika” Plato menjelaskan tentang fungsi uang. Menurutnya, uang selain sebagai alat tukar, juga berfungsi sebagai alt pengukur nilai dan alat untuk menimbun kekayaan. Sesuai dengan keadaan waktu, ia menganggap bahwa uang bersifat mandul, tidak layak untuk diperanakkan (melalui bunga).


2). Aristoteles (384-322 SM)

Aristoteles adalah murid dari Plato, pemikiran Aristoteles tentang ekonomi jauh lebih maju dibandingkan Plato, gurunya. Aristoteles dapat dikatakan sebagai orang pertama yang yang melihat bahwa ekonomi merupakan suatu bidang yang harus dipisahkan dari bidang-bidang yang lain. Pemikirannya yang lain yaitu:
1.      Pemikirannya tentang teori nilai (value) dan harga (price), kemudian Kontribusi terbesar Aristoteles terhadap ilmu ekonomi adalah pemikirannya tentang pertukaran barang (exchange of commodities) dan kegunaan uang dalam pertukaran barang tersebut.
2.      Menurut pandangan aristoteles, kebutuhan manusia (man’s need) tidak terlalu banyak, tetapi keinginannya (man’s desire) relative tanpa batas. Ia membenarkan dan menganggap alami kegiatan produksi yang dimaksudkan untuk menghasilkan barang guna memenuhi kebutuhan, namun kegiatan produksi untuk memenuhi keinginan manusia yang tanpa batas itu yang dikecamnya sebagai sesuatu yang tidak alami (unnatural).
3.      Menurut pandangan aristoteles, barter dianggap hal yang wajar dan bersifat alami dan baik menurutnya, karena merupakan hal yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan alami dan tidak ada laba ekonomi yang diperoleh dari pertukaran barang-barang tersebut. Namun dalam kehidupan sekarang ini hal itu merupakan suatu yang using dan tidak produktif, karena tidak melihat dampak positif dari perdagangan.
3). Xenophone (440-355 SM)
Xenophone adalah “pencipta” atau “penggagas” kata-kata ekonomi (dari oikos dan nomos) karya utamanya adalah On the Means of Improving the Revenue of the State of Athens. Dalam buku tersebut Xenophone menguraikan tentang Negara Athena yang memiliki kelebihan-kelebihan yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan Negara. Athena adalah pusat perdagangan, tanahnya subur dan mengandung deposit emas-perak dalam jumlah yang banyak, begitu juga dengan pelabuhannya alami dan dikelilingi banyak ikan. Dengan banyaknya kelebihan-kelebihab tersebut, menurutnya Athena sangat potensial untuk menarik para pedagang dan pengunjung dari Negara-negara lain dan tentunya hal ini dapat meningkatkan pendapatan Negara.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar